Jaluran Mineral Gemstone

contoh mineral gemstone
Mineral dan batuan merupakan dua objek yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan keduanya saling berhubungan sangat erat, Mengapa..? karena mineral adalah benda alam yang terbentuk secara alami dan mempunyai ciri kimiawi, fisik tertentu dan merupakan pembentuk batuan. Atau sebaliknya batuan adalah agregasi dari mineral.
Sehingga jelas sangat berhubungan kalau bicara salah satunya..!
Lantas apakah batu batuan yang terdapat di alam itu dapat di telusuri secara baik,  maka jawabannya adalah Ya ya dan ya.  Mengapa..?  karena semua keberadaan di alam ya alam yang membentuknya dan oleh karena itu semua aktifitas alam ini akan memberi pengaruh atau akibat atau tanda seiring terjadinya peristiwa tersebut,  Contoh...... kalau ada pergerakan bumi, atau gempa bumi ,,maka itu adalah suatu pergerakan benda alam secara alami yang disebabkan oleh kegiatan alam itu sendiri...?

Secara teoritis,, pergerakan alam ini disebut  Pergerakan lempeng Tektonik.. "Tectonic Plate Movement" dan ini akan berdampak terhadap alam sekitar terutama di bagian yang langsung terjadi peristiwa nya.   Inilah disebut pergerakkan kerak bumi.....!  Mengapa terjadi....?  karena dipercaya bahwa bumi terdiri oleh suatu kerak atau lempeng lempeng yang saling bergerak dan bersifat rigid dan alami, dan secara umum terdiri Lempeng Benua dan lempeng Samodra .

Apa yang menyebabkan pergerakan kerak bumi .? adalah suatu sifat alami dari benda alam "Magma" yang terdapat di dalam perut bumi yang mempunyai sifat mobil, sangat panas tak terkirakan secara pasti, sehingga menimbulkan arus konveksi di dalam perut bumi yang membawa gerak kerak bumi .

Sedangkan pergerakan kerak bumi tersebut secara setempat akan menimbulkan suatu proses alami yang antara lain adalah perubahan kimiawi mineral pembentuk batuan yang dikarenakan panas gesekan dan atau tercampur oleh cairan magmatis itu sendiri.
Proses lainnya adalah hidrothermal yang juga menghasilkan mineral tertentu yang terbentuk secara langsung oleh pembekuan cairan panas bersifat magmatis. Umumnya akan terbentuk mineral yang mempunyai kwalitas cukup bagus dalam pengertian gemstone, seperti antimonite, corondum, chalcedone, tourmaline, amethyst, jade, dan nephrite. 

Bagaimana dengan adanya mineral mineral yang dapat menjadi batu Gemstone,  ?  Inilah tanda atau hasil aktifitas tektonik tadi sehingga salah satu yang di tinggalkan hasilnya adalah mineralisasi, dan bentukkannya adalah batuan yang dapat menjadi gemstone. 
Batuan hasil aktifitas alam tersebut dapat berupa Group : Quartz, Piroksen, Amphibol dan Feldspar yang masing masing group ini banyak varian nya...
Contoh 
Group Quartz dapat menjadi Idocrase Chalcedone, Lavender, Amethyst
Group Piroxene dapat menjadi Jadeite, Nephrite

Dan ini semua akan menjadi sangat bervariasi sesuai dengan perkembangan hasil batu mineralnya secara gemstone. Varian tersebut adalah nama nama batu gemstone yang kita kenal.

Kalau demikiam adanya maka tentunya mencari batu gemstone ya menuju ke arah batuan yang terbentuk oleh proses aktifitas alam seperti di uraikan diatas misalnya di jalur tektonik banyak pergerakan, misalnya di Kebumen -Banyumas-Tasik Malaya; Banjarmasin-Martapura-Tanah Laut Selatan, Pacitan-Kediri; Nagan-Pidie-Geumpang  di Aceh; Bengkulu, Lampung, Jaluran Sumatra Strike Slip Fault banyak desa desa kecil disepanjangnya.

Secara general melalui petunjuk global ini semoga dapat memberikan gambaran melalui median luas tingkat propinsi kearah lingkup lebih kecil kearah Kabupaten, ke Kecamatan dan Kelurahan atay Desa.

Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Jaluran Mineral Gemstone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel