Kuliah Lapangan Sebagai Outdoor Study

Outdoor Study membekali hal nyata
Sudah tidak asing lagi bagi setiap mahasiswa atau yang sudah melewati masa mahasiswa mengenal apa yang disebut KL.  KL adalah Kuliah Lapangan sebagai Outdoor Study yang biasanya ada suatu lokasi object alam yang berhubungan dengan mata kuliah dan disini dipraktekkan ditunjukkan tentang apa yang disebut didalam ruang kuliah.

Memahami alam yang seadanya nyata senantiasa tidak persis seperti yang sudah diuraikan melalui tulisan dalam penjelasan diruang kuliah, oleh sebab itu untuk memperjelas dan untuk lebih memberikan pemahaman , maka student dibawa tunjuk ajar di luar runagan, atau Outdoor study.

Banyak hal atau secara detail susah untuk diibaratkan melalui diskripsi tulisan penjelasan secara oral saja, melainkan akan langsung lebih clear dan jelas dipraktekkan di kuliah lapangan. Sebagai contoh dalam kuliah disebut bahwa menurt "Plate Tectonic Theori" bumi bergerak dan menyebabkan tumbukan serta mengakibatkan patahan atau rekahan pada batuan. Nah hal ini bagi student akan sulit membayangkan bentuk dan mekanismenya. Nah oleh itu di luar ada semacam peraga alam, patahan yang sebenarnya, dapat dilihat bekas jejak alam mana pergeseran relatipnya dan hasil alamnya sekarang macam mana.

Kegiatan outdoor study ini akan banyak manfaatnya ketika nanti student melakukan sendiri apa yang disebut Tugas Akhir dan banyak dijumpai fakta alam yang sudah disebutkan dalam kuliah ruang.

Sebagai Geologist, yang berdekat dengan keilmuan bumian , maka tidak akan lepas dari apa kuliah lapangan. Selalu bekerja dilapangan membuat selalu ingat Kuliah Lapangan. Beberapa hal yang banya manfaatnya secara langsung adalah :
  • Soal pengenalan roman muka bumi : Geomorfologi, penamaan bentuk morfologi, proses yang terjadi, hasilnya apa dan apa yang terjadi sehingga begitu.
  • Tentang batuan dan mineral, hal ini sangat langsung digunakan bagi yang nantinya bekerja di dunia eksplorasi mineral
  • Tentang struktur alam patahan atau sesar rekahan dan tanda tanda lainnya. Fitur alam ini langsung dijumpai ketika sedang mendiskripsi dilapangan kerja.
Tiga hal tersebut menjadi sering saya jumpai ketika sedang bekerja dilapangan dan banyak membuat ingat akan dulu pernah kuliah lapangan mendapat keterangan dari pembina yang masih teringat sehingga kini. Sungguh harus menjadi konsentrasi yang baik saat dilapangan ketika ada penerangan pembina. Biarpun dalam situasi panas atau medan sulit berdiri tegak.

Memang adanya kuliah diluar ruangan ini akan memberikan kesan sendiri bagi student, buktinya saya alami sendiri. Kalau setiap diskripsi logging selalu akan ingat petrologi ketika ditunjukkan di KL dulu.
Banyak Intitusi Pendidikan yang sudah mempunyai lokasi untuk melakukan outdoor study bagi studentnya, Misalnya di Bayat - FT Geologi UGM, Karangsambung - Geologi ITB, Unpad , Unhas ada semua lokasinya masing masing dan akan menjadi kesan tersendiri bagi almamater outdoor study  ini.
Pokoknya senang dengan adanya outdoor study ini, teman teman yang masih di kampus jangan terbebani dengan mata kuliah ini, dijalani senang saja, nanti pasti merasakan kesan asyiknya.Bener kok.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel