Why Gold Price Always Goes Up

Sekarang harga emas sudah dekat ke USD2000, mungkin suatu ketika akan mendaki sampai USD2100 , sangat dapat menjadi kenyataan. Why gold price always goes up, adakah alasan yang logis dan dapat diterima akal normal. Dan jawabannya adalah Yes ada.

Kalau sederhananya suatu barang dagangan akan naik harganya kalau permintaan naik sedang persediaan kurang, dan ini lah yang terjadi dengan emas.  Banyak sekali segala macam teknologi membutuhkan campuran emas dan stok sumber daya emas di alam sudah kurang.

Jadi tidak seimbang antara kebutuhan dan persediaan, dengan formula sederhana perdagangan pasti naik lah harga emas itu.

Selain itu banyak pengaruh faktor lain, mungkin sekali seperti pengumpulan emas oleh kuasa perdagangan besar, atau ada yang menyimpan secara jumlah tak terkira.

Meskipun demikian yang saya simak dari sejak saya bekerja 1986 sampai sekarang hampir 100% selalu naik grafik harga emas dunia. Kalu pun pernah turun ya , sebentar saja dan naik kuat kemudian hari.

Emas Digunakan Dalam IC 

Sebut saja Hand Phone, Komputer, atau alat elektronik lain yang menggunakan Integrated Circuit. Mungkin dulu IC ukurannya besar, sehingga dulu komputer besar besar. Nah sekarang dengan IC kecil saja dan lebih bagus tahan panas.

Didalam perangkat lunak IC terdapat sekitar 40 sd 60 milligram emas dicampurkan disitu. Demikian dilansir dari sumber smartphone 2020.

Nah kalau setiap orang sudah mempergunakan alat komunikasi canggih ini, maka berapa gram emas sudah disedot kesana. Belum lagi dari casingnya, hiasan body HP .

Setahun hampir 1,5 milyar perangkat smartphone diproduksi dari sekitar 142 perakit di seluruh dunia termasuk China, Amerika, Italia,

Kalau setiap IC mengandung sekitar 40 - 50 miligram emas, sudah berapa juta gram emas dipergunakan untuk perangkat komunikasi ini.
Total dunia, Produksi smartphone per tahun dilansir dari statista.com.

 

Gold for Jewellery

Belum lagi emas untuk bahan perhiasan, hampir seluruh jewellery bagus ada kandungan emasnya dan bukan sedikit di seluruh dunia. Perhiasan tersebut kalung, gelang, anting , dan lain lain.

Belum lagi kebutuihan emas sebagai alat menabung batangan emas , tentu tidak sedikit jumlahnya.

Sumber Daya Emas di Dunia

Kalau sumber daya emas yang tercatat masih di alam menurut data Wiki ada sekitar 54 000 metric ton, dan sudah diproduksi 3500 metric ton.

Kalau tidak ada penambahan penemuan lagi, maka stok cadangan sumber daya emas akan semakin berkurang, sedang kebutuhan akan emas semakin naik dari tahun ke tahun.

Cadangan sumber daya emas menurut sumber Wikipedia.org
 
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel