Alluvial Gold Dimana Berada

emas aluvial hasil mendulang
Alluvial Gold from panning

Alluvial Gold , secara definitif merupakan emas yang terdapat pada endapan aluvial. Sedangkan endapan aluvial adalah endapan yang terbentuk pada jaman aluvium. Lantas alluvial Gold dimana berada, inilah yang akan diuraikan .

Semakin mahalnya harga emas sekarang ini , maka membawa semakin naiknya aktifitas pencarian emas di seluruh wilayah negri di dunia ini. Termasuk yang dicari adalah emas aluvial.

Selain keberadaannya yang mudah dikenali oleh umum awam, maka tidak sulit bagi masyarakat umum untuk mencari dan menambang emas di sedimen mengandung logam berharga ini.

Banyak hal mau diketahui dari pada emas yang di negri Jiran disebut Emas Hanyut ini termasuk dari mana asalnya, bagaimana keberadaanya, bagaimana mencarinya , bagaimana mengenalinya, bagaimana menambangnya dari sumbernya, bagaimana memprosesnya dari material asalnya, dimana saja penyebarannya dan apa saja yang terkait dengan jenis emas yang satu ini.


Meski nampak mudah untuk mengidentifikasi emas yang datang bersama sedimen berarus ini, namun tetap ada kaidah dan caranya untuk menelusuri mengeksplorasi dimana dia terjebak di alam nyata.

Banyak sekali yang terdampak euforia emas banyak disini disitu, namun setelah dilakukan penambangan secara berskala industri, ternyata hanya berjalan selama beberapa bulan , bahkan tak sampai hitungan jari. Pada akhirnya bukannya membawa keuntungan bagi investor melainkan justru sebaliknya akan membawa kerugian dari investasi yang sudah terlanjur ditanam.

Dari mana asal alluvial gold

Emas di alam terbentuk secara alami melalui proses alam yang sangat naturistis kata saya. Bukan datang dari langit lalu menjadi emas begitu saja, melainkan suatu proses pergerakan benda alam di dalam perut bumi yang mengakibatkan proses berikutnya seprti Hydrothermal, atau Phorpiritisasi, atau terbentuk secara langsung dalam situasi yang khusus tertentu menjadi kristal emas di dalam ruang dan kesempatan yang tertentu pula disebut Nugety process.

Mengenai proses naturistis insya Allah saya tulis dikesempatan berikut nya . Dimana akan menjadikan keberadaan jebakan emas di alam dikenal menjadi berbagai sistim.

Khususnya emas aluvial, seperti sudah disebutkan bahwa emas ini terdapat bersama sedimen yang di bawa oleh media transportasi dan di endapkan di satu tempat yang seimbang.

Kalau dia berupa campuran bersama sedimen lainnya, maka tentu sudah dari asalnya emas ini berada. Bermakna di batuan sumber yang tererosi sudah mengandung adanya emas ini. Batuan sumber yang mengandung emas ini saya sebut sebgai "Sources Rock" atau "Hard Rock Gold".

Batuan sumber yang mengandung emas  dapat merupakan batuan kuwarsa (Quartz), atau Tonalite, atau Volkanik dengan urat Quartz atau batuan Metamorf, atau berupa Vein Quartz

Dengan proses alami berupa Pelapukan , kemudian pengikisan dan transportasi serta sedimentasi , maka pada akhirnya terjadilah sedimen mengandung emas yang di sebut "Paydirt".

Berapa jaraknya batuan sumber emas hanyut ini, hal itu sangat bervariasi dan secara pendekatan dapat dikenali melalui tanda tanda sifat fisik pada butiran aluvial serta jumlah emas yang diperoleh ketika melakukan tes mendulang. 

 

  

Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Alluvial Gold Dimana Berada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel