Iron Laterite

Bijih Besi= Iron Ore

Dapat sebagai Magnetite (Fe2O4) , Hematite(Fe2O3) , Siderite (FeO2) ataupun Limonite(FeO) , sesuai tingkat pengikatan kimiawi unsur besi dengan unsur Oksigen.

Bijih Besi merupakan bagian dari mineral ekonomi yang dapat diketemukan dipermukaan bumi disekitar kita. Ada dua jenis antaranya  bijih besi dari urat atau lensa dan bijih besi dari proses laterite yang umumnya tersebar dibagian permukaan tanah.

Mengapa Lateritic Iron?
Ya karena bijih besi laterite mudah di proses sehingga sampai ke penjualan. sehingga secara ekonomis lebih ringan biaya penambangan dan pengolahannya.



Proses Lateritisasi merupakan suatu proses alam yang dapat mengakumulasi unsur besi dari batuan induk (host Rock) sehingga terkumpullah suatu bijih besi laterite pada suatu daerah tertentu. Batuan indukan ini tentunya yang mempunyai susunan mineral pembentukkan mengandungi besi (Fe) mungkin dari mineral sulfidanya, mungkin dari mineral Feldspar.

Dengan keterdapatannya di alam berada disekitar permukaan bumi,sehingga memudahkan untuk membuka menambang secara terbuka, sehingga tidak memerlukan peledakan ataupun dengan peralatan yang besar sekalipun. Cukup dengan memanfaatkan Excavator setingkat PC200, PC300 sudah cukup untuk memproduksi tambang besi laterite.

Bagaimana Penambangannya ?
Pengambilan tambang besi laterite dapat dengan peralatan mesin sedikit saja, satu team dengan 2 Excavator PC200, PC300, di pandu dengan 3 dump truck sekiranya cukup untuk menghasilkan besi laterite sejumpaln 5000 ton setiap bulan, dengan jarak angkut ke ROM StockPile kurang dari satu KM.

Bagaimana Pemrosesannya ?
Besi laterite yang sudah di tambang kemudian diproses untuk mencapai tingkat kadar yang layak jual yaitu Fe = 48%  ke atas, syukur menjadi Fe = 55%. ke atas.  sehingga dapat memenuhi keperluan pasar dengan harga cukup sebanding dengan aongkos penambangan.

Mine - Screen - Crushing - Washing - Magnetic Sparator

Dengan harapan pada akhirnya di dapatkan besi dengan ukuran yang halus dan kadar yang layak jual. 
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Iron Laterite"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel