Batu JadeDom

Dompu merupakan satu daerah Kabupaten Dompu, masuk Propinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di bagian wilayah Indonesia di Pulau Sumbawa dan yang di tandai juga adanya gunung Tambora yang terkenal meletus dahsyat pada tahon 1815 masehi lalu. Bukan soalan dashyatnya letusan Tambora yang mengakibatkan efect economic Eropa saat itu, tetapi adalah selain dari pada satu hal itu ada yang menarik di Dompu yaitu Batu batuan. Banyak batu akik dapat dijumpa di wilayah Kabupaten Dompu di antaranya yang sering di dapat warga ketika masuk hutan cari kayu ataupun kegiatan lain adalah batu batu:
      Quartz Chalcedone : coklat bening, bercorak
      Naga Sui : warna warni merah coklat, bercorak
      Jade Blue, Green , Colorless, bercorak
      Azurite, Malachite, small size, mungkin kristalin
      Quartz Milky : badar bulan, biduri embun
Dan masih ada lainnya, sejauh yang pernah saya jumpai mungkin itu saja cukup untuk menunjukkan kepada public..bahawa Dompu is Dompu kaya akan batu akik juga ....lantas pertanyaannya..?
What can you do..my friend.?
Mari kita cuba olah berusaha sebisa mungkin untuk dapat meningkatkan harkat kluarga menjadi lebih baik dari apa yang ada kekuatan kekayaan  alam sekitar yang layak dapat dijadikan objek kehidupan.  he he..........Jangan muluk muluk ingin seperti di Rawa bening kawan, tapi mungkin hanya sebatas sekita Se Kabupaten saja dulu bahkan kalau bisa kluar ke Provinsi level bahwa disana di daerah Dompu ada hal yang dapat di angkat menjadi komoditas bernilai ekonomi juga...... mengingat saat saat sekarang sedang demam demam demam batu batuan di seluruh wilayah nusantara tercinta INDONESIA kita sekarang ini.
So tunggu apa lagi........
Saya salah satunya sudah mencoba ambil batu di sekitar pantai Ria yang kalau tidak salah melalui desa Mumbu apa ya....agak agak benar...nah disitu ada urat Jade dalam batuan intrusi terbreksikan dari pada granit.  Mungkin tampak hanya warna bukit tak berpohon dan hitam saja dari jauh.  Tetaopi cuba dekati dan amati lebih seksama, maka akan tampak ada urat berwarna hijau... nah.......itu    gali dan bukalah ...  Ya tentu dengan Chisel dan Hummer... bawa alat palu dan pahat.. pergi sana ....cari itu...
Dan ini lah hasil setelah dipotong dan digosokkan dengan biaya terjangkau, maka semua satu bongkah segenggam tangan saya buat habis  dan inilah....gambarnya..Selepas menjadi batu cincin gemstone, eh ada yang bayar RM200 sebutir. Setelah itu baru sadar bahwa batu yang saya bawa memang okay....benar benar dapat menjadi bernilai ekonomis. Trima kasih ya Allah tunjukkan kekayaan alam ini.......

 
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Batu JadeDom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel