Hornfels clue of mineralization

Hornfels..what is this..?


Suatu proses, apapun tentunya akan meninggalkan jejak ataupun bekas yang dapat menjadi tanda di waktu kemudian hari, dan tanda itu khas terhadap sesuatu proses tertentu. Satu hal yang dapat menjadi tanda adanya suatu proses alami adalah HORNFELS.

Ini adalah gambar dari batuan bertekstur Hornfels yang dijumpai di suatu tempat persisnya sepadan antara Negeri Kelantan dan Negeri Perak dan merupakan batuan sisipan pada tanah di sekitar batuan host yang berupa schist yang kaya micca dan sisipan quartz. 

Tekstur hornfels ini dijumpai pada quartz yang cukup tebal dengan ketebalan hampir dua kaki dan bersifat masuk ke arah bumi sedikit miring kearah Perak sehingga 70 degree. Intinya lebih banyak menghala ke arah Perak.

So hemat saya banyak bahagian yang menghala ke arah Perak dari pada yang di Kelantan, meskipun sesungguhnya batas ada dimana. 

Tetapi kalau mahu di telusur di mungkinkan masih banyak tanda tanda mineralization yang terdapat di sekitar area tersebut selain saja dari kenampakan tekstur hornfels. 

Pasalnya banyak indikasi yang sudah tertutup oleh adanya top soil, pelapukan yang intensif di daerah ini membuat kesuburan tanah disitu memungkinkan hutan cukup subur dengan kayu yang tinggal bersama semak perdu.

Dari informasi masyarakat didengar bahawa ada peninggalan pada jaman Jepun dan masih dapat di lihat sehingga sekarang adalah Gua yang masuk kedalam bukit batu. Sementara ini terlihat bahwa bukit tersebut menunjukkan adanya Quartz Vein setebal satu jari sehingga satu kaki yang dapat menunjukkan sebagai path finder adanya mineral ekonomi di dalam alam disana.

Bagaimana dapat terjadi ..?

Process alami yang mendatangkan panas cukup panas telah mengubah dari pada susunan mineral dalam batuan sehingga berteksture hornfels. Kejadian ini tentu di dalam kulit bumi, terbukti menunjukkan ukuran butiran kristal yang besar.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Hornfels clue of mineralization"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel