Gempa

Gempa

Gempa bumi Sikka 5.3 SR
Gempa secara harafiah adalah guncangan atau getaran yang maha dahsyat. Dalam hal ini Gempa Bumi. Sedang gempa bumi adalah merupakan peristiwa alam berupa getaran yang bergelombang di sebabkan oleh adanya  gerakan dari dalam perut bumi.

Istilah Gempa umumnya dimaksudkan adalah guncangan atau gerakan yang bersifat besar, kuat yang disebabkan oleh alam.

Ukuran besaran guncangan gempa adalah Skala Richter (sesuai nama penemu alat pengukur gelombang gempa : Charles F Richter 1935 dari Univ. California Of Technology).

Alat untuk mengukur besar kecilnya guncangan atau getaran dari pada gelombang gempa di sebut Seismometer.

Tsunami adalah suatu kejadian air laut naik ke darat sebagai akibat adanya gelombang pantai yang diawali adanya gempa bumi tektonik berskala besar di atas 9 Skala Richter.

Biasanya di setiap lokasi pengawasan gunung api (Pos Vulkanologi) selalu ada alat Seismometer ini dan selalu tercatat dalam rekaman di sebut Seismograf.

Bencana Terbesar Gempa di dunia dengan 9 SR

Tercatat di beberapa negara telah mengalami gempa besar lebih dari 9 SR , dan mengakibatkan gelombang pasang air laut yang disebut Tsunami.tercatat korba

Antara lain kejadian Gempa tersebut dan akibatkan banyak korban jiwa:
  1. Chili 1960:Gempa Valdicia , 9.5 SR
  2. Alaska 1964: Southern Alaska, 9. 2 SR
  3. Indonesia 2004: Pantai Barat Aceh, 9.1 SR
  4. Jepang 2011: Honshu East Coast, 9.1 SR
  5. Russia 1952: Kamchatka peninsula, 9.0 SR

Gempa Bumi ada beberapa macam :

  1. Gempa Bumi Tektonik
  2. Gempa Bumi Vulkanik
  3. Gempa Bumi Runtuhan

1. Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi tektonik merupakan salah satu gempa bumi yang diakibatkan adanya pergerakan kerak bumi . Secara teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonic) bahwa bumi ini tersusun oleh suatu lempeng lempeng yang mengapung dan selalu bergerak menuju ke keseimbangan.

Pergerakan Lempeng Tektonik ini kemudian menyebabkan terjadinya gempa bumi. Dan umumnya gempa bumi tektonik terjadi di daerah Ring Of Fire atau wilayah Jalur Tumbukan (Subduction Zone).

Maka kejadiannya dapat dirasakan sangat maha dahsyat.

2. Gempa Bumi Vulkanik

Gempa Bumi Vulkanik adalah salah satu jenis gempa bumi yang di akibatkan oleh adanya tenaga dari dalam dari pada aktifitas vulkanisme.

Gempa bumi ini biasanya terjadi di daerah jalur vulkanik ( Vulcanic belt) dalam sistim Plate tectonic.

Proses gunung meletus , aktifitas vulkanisme gunung api dapat menyebabkan peristiwa gempa bumi vulkanik.

3. Gempa Bumi Runtuhan

Gempa Bumi Runtuhan adalah salah satu jenis gempa bumi yang di akibatkan oleh adanya runtuhan bumi misalnya adanya tanah runtuh, atau ada lubang tambang dalam runtuh.
Ukuran gempa bumi runtuhan biasanya kecil, hanya beberapa Skala Richter saja. Meski demikian dapat menyebabkan kerusakan alam juga dan memakan korban jiwa manusia.


Gempa Bumi VS Gunung BerApi

Apa hubungan antara gempa bumi dengan kepulauan Indonesia.?

Begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia yang nama nya Gempa Bumi, senantiasa sesuatu yang menggambarkan suatu kejadian kurang baik. Ada bencana alam, ada korban dan sebagainya.

Maka tidak heran kalau selalu mendengar terjadi gempa di Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara , sampai Ambon , Sulawesi bahkan di Maluku Utara.

Lantas apa hubungannya dengan negara Indonesia?

Ya ketahuilah bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 17504 pulau dan kepulauan dengan 7870 sudah di namai.

Sedang Gunung Berapi di Indonesia tercatat 150 lebih dan  sekitar 19 gunung api aktif berada di pulau Jawa yang rapat penduduk.

Gunung Api merupakan manifestasi dari adanya kegiatan magmatis di dalam perut bumi. Semakin banyak gunung api di suatu daerah , berarti di dalam buminya terdapat magma yang sangat aktif.

Itulah berhubungan dengan banyaknya kejadian gempa di sekitar wilayah jalur gunung api.

Bumi Pun Bertasbih Kepada Allah Sang Pencipta

Subhanallah, Semua yang ada di jagad raya ini merupakan hasil ciptaan Allah dan oleh karena itu maka mereka semua bertasbih kepadaNYA.

Bertasbih dalam  pengertian keilmuan dapat di artikan bahwa bumi bergerak sesuai aturan yang di tentukan Allah.
Tectonic Indonesia (C.Hutchison, W. Hamilton)

Bergerak pada porosnya dari Barat ke Timur, sehingga menjadikan adanya Siang dan Malam. Serta terdapati Matahari di pagi hari dan bulan di malam hari. Semua sebagai bukti akan adanya suatu Aturan yang sangat presisi tepat akurat. Allah Maha Bijak dan Maha Tahu apa yang kamu tidak tahu.

Ingat dalam Al Quran Surat An Naml 27.88:

Dan engkau melihat gunung-gunung, engkau menyangkanya tetap membeku, padahal ia bergerak cepat seperti bergeraknya awan; (demikianlah) perbuatan Allah yang telah membuat tiap-tiap sesuatu dengan serapi-rapi dan sebaik-baiknya; sesungguhnya Dia Amat Mendalam PengetahuanNya akan apa yang kamu lakukan

Sebagai umat yang diciptakan Allah, yang telah diberikan kemampuan , maka gunakanlah sebaik baiknya untuk melakuakn hal terbaik sekaligus sebagai ibadah , serta ucapaan syukur kepada Sang Penciptanya.

Seperti telah disebut dalam ayat Al Imron 3.190, oleh karenanya kerja kerja yang ikhlas dan tawaqal merupakan ungkapan syukur. sekaligus suatu usaha yang barokah (in shaa Allah) .

Coba melihat sebentar ke pada kitab suci Al Quran , Surat Al Imron 3.190:

Sesungguhnya pada kejadian langit dan bumi, dan pada pertukaran malam dan siang, ada tanda-tanda (kekuasaan, kebijaksanaan, dan keluasan rahmat Allah) bagi orang-orang yang berakal.

Bukan saja dengan akal lalu kemudian dapatkan segala dengan mudah begitu saja, tetapi juga dengan berdoa , memohon untuk segala bimbingan Allah ta ala. Dan tentu kalau sudah ada dalam bimbingannya , maka segala akan dimudahkan untuk mengurusi apa yang menjadi ciptaanNYA.

Kembali kepada Al Quran Surat Al Imron 3.191:

(Iaitu) orang-orang yang menyebut dan mengingati Allah sesama mereka berdiri dan duduk dan semasa mereka berbaring mengiring, dan mereka pula memikirkan tentang kejadian langit dan bumi (sambil berkata): "Wahai Tuhan kami! Tidaklah Engkau menjadikan benda-benda ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari azab neraka.


Indonesia Archipelago Is In The Ring Of Fire

Pacific Ring Of Fire
Perhatikan dimana posisi negara kepulauan Republik Indonesia yang terdiri dari beribu buah pulau yang mengapung di sekelilingi laut yang luas.

Bentuk kepulauan pulau pulau yang unik , seperti huruf "K" (Sulawesi, Halmahera) , seperti Unta ( Papua) dan seperti ayam babon (Kalimantan) , seperti hamparan kecil kecil (pulau pulau Nusa Tenggara, Maluku).

Keberadaannya merupakan hasil perkembangan dari peristiwa pergerakan bumi menuju ke keseimbangan. Teori tektonik lempeng menjelaskan pergerakan kerak samodra bertumbukan dengan kerak benua di jalur "subdaction" dan disanalah terjadi gegaran , guncangan bergelombang yang di kenali sebagai "Gempa Bumi".

Namun semua itu pergerakannya sangat terkontrol dan akurat.

Peringatan Agar Ingat Kepada Yang Maha Kuasa

Suatu kejadian di bumi, di sekitar kita tentu ada sebab akibatnya, bukan saja serta merta terjadi begitu saja.

Baik kejadian kecil di sekitar diri kita, semisal memegang benda lalu jatuh, padahal sudah dipegang erat erat. Atau tiba tiba alat rumah tangga rosak mendadak, padahal belum saatnya disrvice.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka coba introspeksi dan ingat ingat ada kah hal yang kurang dalam diri sendiri. Mungkin belum keluarkan sedekah , bagikan sedikit rezeki kepada yang membutuhkan.

Semua itu sebenarnya kalau di renungkan adalah suatu peringatan dari Yang Maha Kuasa, Tuhan Semesta Alam, Sang Pencipta , Yang Maha Segala Maha terhadap kesempurnaan penciptaannya.

Bencana Alam terjadi bukan kah itu datang dari atas untuk ciptaannya. Pergerakan bumi sisinya kan sudah di atur NYA sedemikian sehingga seimbang di seluruh bumi dan jagad raya ini.

Al Quran Surat Al Na'am 6.65:

Katakanlah(Wahai Muhammad): Dialah yang berkuasa menghantar kepada kamu azab seksa (bala bencana), dari sebelah atas kamu atau dari bawah kaki kamu atau Dia menjadikan kamu bertentangan dan berpecah-belah (berpuak-puak) dan Dia merasakan sebahagian daripada kamu akan perbuatan ganas dan kejam sebahagian yang lain. Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan ayat-ayat keterangan (yang menunjukkan kebesaran Kami) dengan berbagai cara, supaya mereka memahaminya.

Sungguh Maha Benar Allah dengan firmannya.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Gempa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel