Vuggy Texture " Quartz "

Quartz : merupakan mineral mengandung unsur Silica dengan formula SiO2..

Merupakan bagian penting dalam identify zona batuan yang membawa mineral econimic seperti emas, tembaga, besi , Zinc, dan Lead. 

Banyak asosiasi dari quartz ini sehingga menjadi target pencarian bagi explorer pemburu mineral logam mulia emas.

Berbagai macam ciri dan tanda khuas yang menjadi characterist dari mineral quartz yang boleh menjadi tanda dekat dengan mineralized logam mulia ini. antara lain adalah terdapat pada texture, corak, color dan bentuk structure nya.

Texture ataupun corak : vuggy, blocky, bladed, massive, rose radier, cockade,

Bentuk structure : dapat sebagai vein, urat , sill, dike atau hair line vein, stockwork saling berhubung.

Color , warna : putih, putih susu, ke abu abuan, smoky, dan ada yang oxide...

Texture menjadi characters dari batuan tersebut dan dapat menunjukkan bagaimana batuan tersebut terbentuk, tentunya dengan adanya banyak lubang pada batuan dapat di interpretasi kan sebagai adanya ruang atau gelembung gas yang terbawa naik bersama proses alam Hydrothermal yang terjadi pada pembentukan batuan tersebut, dalam hal ini adalah Quartz Vein.


Contoh : Gambar samping tersebut merupakan Quartz Vein yang bersifat Vuggy texture, oxide dan menunjukkan adanya fragmen benda lain dapat berupa feldspar ataupun quartz juga.

Memperhatikan sample tersebut ada beberapa indication yang boleh di ambil sebagai data adalah, vuggy texture, oxide quartz, ironization to be siderite..?, adanya fragment batuan lain...adakah brecciated, brecciation or batuan tersebut adalah breccia..? 

Fault breccia, Hydrothermal breccia .. ?  yang pada muaranya menjadi clue untuk suatu conclussion pada gold mineralization. Untuk itu maka semakin banyak data dapat dikumpulkan akan membuat semakin detail dan yakin akan hasil akhir kesimpulan itu.

Association dari minerals lain dapat dengan pyrite, garnet, galena, sericite, micca, fuchsite.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Vuggy Texture " Quartz ""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel