Orogenic Lode Gold Deposit Di Malaysia

Emas terjebak di alam dapat berbagai macam dan tipenya, di antara salah satu adalah Orogenic Lodge Gold Deposit. System jebakan emas model ini saya jumpai di daerah Malaysia semenanjung.

Meski keterdapatannya sangat berbeda jauh dengan apa yang ada di Indonesia yang pernah saya kenal, namun secara keilmuan kebumian, masalahnya tetap berhubung dengan soalan panas dan mineralisasi yang berlaku pada saat terbentuknya .

Genesa dan kejadiannya itu lah yang mencirikan adanya jebakan emas orogenic ini. Lain hal dengan di Indonesia yang umumnya Epythermal Gold Deposit.

Tectonic 

Pada apa yang telah saya jumpai umumnya jebakan emas model OLGD menunjukkan bahwa mineralisasi berlaku secara tipis dan berulang secara baris atau paralel. Inilah menjadi Lodge gold deposit. 

Kejadiannya tidak lepas dari sejarah pembentukan semenanjung Malaysia pada jaman geologi Permian , Triassic.

Pada masa itu lah terjadi pembentukanlapisan kulit bumi di sini dalam situasi yang dipengaruhi oleh media air laut dan sedimen material hasil produksi gunung api dan juga sedimen halus.


Bentong Raub Suture

Apa yang terjadi di alam merupakan suatu patahan sangat panjang dan besar membentang Utar Selatan, membelah dua Semenanjung Malaysia menjadi bagian Barat dan bagian Timur.  

Inilah yang memunculkan istilah pusat sumber emas di bagian Tengah semenanjung yaitu Central Gold belt. 

Salah satu akibat pemebntukan struktur patahan alam ini, memberikan ruang kepada cairan magmatis untuk merubah dan mengisi ruang kosong yang ada di antara terbentuknya struktur geologi ini.

Pola struktur ini dapat di sepanjang jalur Utara Selatan, dan juga ke samping sedikit, misalnya seperti apa yang terjadi jebakan emas di bukit Penjom yang sudah di tambang sehingga sekarang.

Bukan tidak mungkin juga terdapat bentuk serupa namun tak sama di tempat di lokasi lain, misal di Sokor, dan lainnya.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel