COAL, Batubara, ArangBatu

Batubara : 



Benda satu ini merupakan salah satu bahan sumber daya alam yang banyak dicari dan penyebarannya tidak banyak tempat. Dapat di ketahui secara umum bahwa di Indonesia hanya terdapat di wilayah tertentu saja , seperti di Kalimantan dan Sumatra. Sedikit yang dijumpai di kepulauan lainnya , demikian adanya sehingga menjadi bahan galian yang bersifat strategis bagi kekayaan alan nusantara ini.

Satu benda ini merupakan jenis batuan sedimen yang mempunyai nilai ekonomis dan sangat terbatas di alam ini. Keberadaanya semakin berkurang sehingga nilai nya semakin naik. Sangat baik untuk invest dan share market's, namun harus selalu memperhatikan owning company yang mengoperasikannya untuk EXPLOITASI.

Dimana dapat dijumpai batubara..?


Batubara dapat dijumpai di daerah yang mempunyai stratigraphy bersifat batuan sedimen, dan yang menunjukkan adanya sifat pengendapan dengan media yang tenang dan mempunyai sumber material bersifat organik, seperti di daerah delta, swampy Delta.

Keadaan media pengendapan yang tenang memungkinkan terjadinya pengendapan material halus yang mengandung bahan organik. Maka dapat terbentuk batubara.

Bagaimana dapat dijumpai batubara tebal kadang tipis..?

Keadaan lapisan batubara tebal atau tipis dapat dipengaruhi oleh situasi di waktu terbentuknya. Situasi ini tergantung oleh dua persoalan yaitu :
  1. Kecepatan pengendapan material : ...adalah seberapa cepat material halus mengandung bahan organik itu diendapkan di dalam media yang tenang tersebut.
  2. Kecepatan penuruan dasar cekungan : ... penurunan dasar cekungan akan berpengaruh langsung terhadap pembentukan ketebalan lapisan batubara yang dibentuk pada saat itu.
 Rate of subsidence VS Rate of sedimentation

Sehingga untuk situasi pengendapan yang berlangsung terus menerus dan dalam keadaan dasar cekungan turun terus menerus , maka akan terbentuk suatu lapisan batu bara yang tebal

Sebaliknya kalau pengendapan terjadi dalam situasi dasar cekungan stabil, maka akan terjadi terhenti pembentukan lapisan batubara itu, dan hanya tipis saja.

Ada berapa jenis batubara ..?

Banyak yang bersifat LOW RANK COAL dan ada yang HIGH RANK COAL. semuanya sekarang menjadi best comodity.
SO LET'S GO GO GO.. TO COAL MINING BUSINESS..
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "COAL, Batubara, ArangBatu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel