Cara Palong tangkap emas

General :
Banyak cara untuk menarik emas dari endapan alluvial, di antaranya   dulang, panning, sedot pompa, carpet dan palong. Semua sistim yang diterapkan pada umumnya mempergunakan prinsip "Gravitasi" .
Dalam hal ini sekarang saya unggah menangkap emas alluvial dengan cara "Palong",

Apa itu Palong..?
Adalah salah satu alat yang dibuat sedemikian rupa , sehingga dapat membuat material dikocok dengan semburan air dan hancur dari ikatan lumpurnya , kemudian emas yang ada terkandung akan terpisahkan dan ikut hanyut terbawa aliran air , dan selanjutnya dipasang trap trap jebakan, ada box cut, kandang baby, water flow, dan karpet. Pada akhirnya , sisa cucian masuk ke kolam pasir, baru kemudian air limpahan di arahkan ke kolam pengendapan 1, 2 dan 3 dan seterusnya.

Adakah ...alat yang diperlukan..?
Ada lah, alat berat yang diperlukan  meliputi alat angkut, dan alat muat , yaitu
# Excavator PC220 : Penggali, pemuat
# Excavator PC220 : Untuk Memelihara Kolam
# Dump Truck 5-10 ton: Pengangkut material alluvial diperlukan 2, atau 3, atau 4 tergantung jarak.
Prinsipnya jangan sampai ada ...kosong excavator pemuat , maupun palong penyemburan.

# Lalu Palong pencucian material..yang terdiri dari beberapa bagian yaitu :

1. Bagaian penghancur material: terdiri dari kolam terbuat dari besi plat, di welding rapi, ukuran dapat 5 x 5 meter, dengan 3 water monitor, untuk menyemprotkan air menghancurkan material alluvial. Guna dari pada kotak besi penghancuran ini untuk menghancurkan material alluvial dan memisahkan antara pasiran dan lumpur serta mineral emas dari lekat di lumpur, supaya kemudian hanyut terbawa air dan terperangkap di karpet.

2. Bagian Box Trap , Kandang baby : merupakan tempat jatuhnya material halus pasiran mengandung emas, tidak ada batu besar lagi, sudah dibuang keluar melalui water flow pertama . Guna water box atau kandang baby ini untuk mengumpulkan emas berbutir dan tidak terikut hanyut aliran air keluar.

3. Water flow : Satu bagian atau yang dibuat untuk memberi kesempatan air keluar bersama solution mengandung emas halus masih dapat di kurangi kecepatannya dan akan menuju karpet penangkap emas.

4. Jaluran Karpet : sesudah water flow , maka air diarahkan melalui suatu karpet yang dipasang sedemikian sehingga air yang lewat akan berlaku aliran turbulens, dan akan mengendapkan material berat termasuk emas dan mineral berat lainnya.

5. Kolam pengendap pasir: merupakan trapping terakhir material yang diduga masih mengandung emas halus, emas debu yang tidak dapat tertangkap terperangkap oleh karpet. Ini dimaksudkan suatu saat , kemudian dapat diproses secara sistim lain , misalnya dengan Cyclone, atau cara Kimiawi.

Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Cara Palong tangkap emas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel