Penemuan Coin Di Israel Berarti Ada Tambang Emas Pada Waktu Itu

Oz Cohen menemukan  425 coin abad 9.
Baru baru ini sebuah sumber yang dapat dilansir menyebutkan bahwa dua remaja israel Oz Cohen dan temannya menemukan sejumlah coin emas dinar yang berumur sekitar 1100 tahun lalu. Lembaga Archeologi Israel membenarkan hal itu, dan segera penemuan itu menjadi suatu penemuan benda kuno yang terbesar di Israel.

Diperkirakan uang dinar kuno itu telah menjadi alat perdagangan di masa kekhalifahan Abbasiyah Islam pada akhir abad ke 9.  Salah satu coin menunjukkan ada gambar kaisar Bizanthium Theophilos.

Semua benda jaman dulu itu berjumlah sekitar 425 coin dan seluruhnya mencapai berat 825 gram, meskipun berupa coin emas tipis , namun terdiri dari emas murni.

Gold Mining Industri Sudah Dikenal

Penemuan benda purbakala berupa coin emas di Israel oleh remaja Oz Cohen menunjukkan bahwa ada suatu industri tambang emas di sekitar zaman Kekhalifahan Abbasiyah Islam. 

Namun demikian tepat persisnya lokasi tambang dimana sehingga orang pada waktu dulu itu membuat dinar. Emas tentu diperoleh dari tambang. Meski mungkin tambang alluvial atau mungkin juga sudah tambang emas hard rock.

Dengan bukti adanya coin emas saja sudah menunjukkan teknologi tinggi pada  waktu itu. tentu ada suatu proses yang membuat emas asli dari alam sehingga menjadi sebuah coin dinar. Suatu teknologi telah dikerjakan.

Sedang perdagangan menggunakan coin emas , menunjukkan bahwa budaya saling menghargai satu sama lain sehingga ada barang tukar atau barang jual beli dengan coin emas tersebut. Kebudayaan sudah jauh maju pada saat itu.

Konon menurut sumber berita satu coin dinar tersebut pada jamannya mampu untuk membeli rumah mewah di mesir. Waaauwjadi berapa real kalau dinilai jaman sekarang.

Cerita Sejarah dan Bukan Sumber Daya Alam
Dari pada hasil temuan dua remaja di atas merupakan tambahan pengetahuan dalam bidang Archeology, dan bukan merupakan penemuan sebuah sumber daya alam Gold resources.

Meski demikian secara berutan jauh tetap ada kaitannya dengan dunia pertambangan emas pada waktu itu. 

Coin emas tersebut tentu dibuat dari pada emas batangan "Dore Gold" yang berasal dari industri pertambangan.

Nah mungkin pertambangan yang ada berada di sekitar sungai Eufrat seperti banyak dikisahkan bahwa sungai ini ada emasnya. Belum dapat dipastikan. Insya Allah.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel