Geologi Mining


 Sering terdengar seorang geologist sudah cukup bangga dengan profesinya , padahal ada yang mengajak masuk ke ranah bagian lain yaitu bagian tambang. Nah padahal nanti nya dia akan menambah perbendaharaannya sebagai profesi geologi tambang atau kerennya Mine Geologist.

Profesi seorang mine geologist akan menjadi lebih lengkap kalau sebagai sosok berlatar belakang teori geoscientist dengan tambahan dia mampu sebagai seorang palnner tambang. Nah ini lengkap baginya jika nanti terjun ke "freelancer", mampu membuat reosurces calculation, mampu membuat mine design, mampu membuat production plan. Lengkap sudah untuk menuju seorang yang handal dan betul betul mampu di dalam bidang profesinya.

Tentu tak mudah anda akan menuju ke sana, maka dekatilah mereka beliau yang kira kira mampu menjadi mentor anda di dalam cita cita menuju masa depan cerah. karena sesungguhnya tidak banyak yang dapat menjadi mentor atau yang mampu memberikan jasanya menjadikan diri anda maju ke depan.

Apa sebenarnya yang di tuju? Nanti anda akan menjadi seorang pakar, jago, ahli di dalam bidang yang anda akan kerjakan sebagai seorang pro, maka persiapkan matang matang.

Salah satu perkara adalah :

  1. Pahami dasar Geoscientist : jadilah geologist yang mampu mandiri
  2. Pahami pergaulan tambang , interaksi dengan orang orang mining
  3. Pelajari dasar dasar keilmuan tambang nya
  4. Bagaimana cara membuat suatu laporan lengkap
  5. Bagaimana menentukan mana sumber daya mana over burden
  6. Bagaimana menghitung jumlah sumber daya yang akurat
  7. Bagaimana menentukan rencana produksi tambang
  8. Bagaimana membuat rencana budget operasi produksi
  9. Bagaimana membuat jadwal kerja operasi tambang

Mining Geologist

Suatu ketika anda akan menjadi seorang geologi tambang, dan ini memberikan kesan di dalam perjalanan karir anda nantinya. 
Banyak hal akan menjadikan anda tantangan, dan belum pernah anda dapatkan sebelumnya pada karir diri anda sebagai geologist.
Jangan pernah mengaku sebagai topnya geologist kalau belum tahu dunia tambang yang ternyata lebih banyak ilmu dan pengetahuan lagi di sana.

Apa yang sebaiknya harus dilakukan seorang Minegeos?
  1. Sudah melewati sebagai grade control
  2. Paham batuan batu di lokasi tambang
  3. Tahu kadar dan kwalitas material ore
  4. Mampu membaca peta operasi tambang
  5. Mampu bekerjasama dengan pihak lain ya Mining Eng, ya Operation Supv, ya Lead Hand di lapngan dan juga kepada Seluruh Operator di site.
  6. Mampu berkoordinasi dengan planning, Laboratorium, Processing, Safety
  7. Mampu membuat laporan 
 Untuk kelancaran kerja kerja operasi tambang semua itu tentu harus dimiliki oleh seorang Mine Geologist. Memang berat , lantaran dia akan bertanggung jawab atas material ore yang dikirmkannya ke pabrik pengolahan emas atau tembaga atau mineral lainnya.
 
Dan pastinya itu tidak main main dan serius, ingat bahwa modal yang dikeluarkan pemilik atau investor sudah banyak dan tentu ingin ada hasilnya.
 
Dan pada dasarnya tergantung kejelian geologist dalam mengelola dilapangan, so pastinya anda sebagai ujung tombak jalannya operasi produksi.
Insya Allah.
Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

0 Response to "Geologi Mining"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel