Konnecott Copper Mine Berwawasan Lingkungan

Konnecott Copper Mine, Pit Limousine
Situasi wabah pandemi corona virus di hampir 188 negara di seluruh dunia membuat banyak negara melakukan kebijakan secara lokal ada yang standby at home tidak ada kerja di lokasi. Melainkan kerja dari rumah, nah untuk dunia tambang hal itu rasanya tidak mungkin kerja di remote. Salah satu tambang di Utah , Amerika ada yang mempunyai prestasi yang bagus, Konnecott Copper Mine Berwawasan Lingkungan sehingga mine site itu mendapat predikat suatu tambang tembaga yang bertanggung jawab.

Bukan hanya mengejar target produksi , melainkan juga menjaga dari faktor lingkungan hidup (environment impact) ini merupakan suatu hal yang sangat positip dikala industri tambang di anggap merusak lingkungan hidup dan hanya mengejar produksi saja.

Konnecott Copper Mine Utah merupakan investasi tambang oleh Rio Tinto dan telah menjadi penghasil tembaga terbesar di negaranya pak Trump ini.

Dari prestasinya itu , maka perusahaan tambang ini mendapatkan penghargaan "Copper Mark" dari suatu organisasi tambang tembaga yang awalnya di kembangkan oleh asosiasi tambang tembaga internasional dan ini satu satunya program yang baru untuk produsen tembaga yang bertanggung jawab.

“Tanda Tembaga memungkinkan pelanggan kami untuk membeli tembaga dari operasi yang telah dinilai secara independen memenuhi standar lingkungan, sosial dan tata kelola tertinggi, menanggapi ekspektasi konsumen yang terus meningkat di seluruh dunia untuk rantai pasokan yang berkelanjutan" demikian sebut pak Kepala Eksekutif Tembaga dan Berlian Rio Tinto, Arnaud Soirat. 

Demikian dilansir dari Global Mining News.

Menurut saya berita itu menunjukkan bahwa industri tambang dapat dikelola dengan lebih baik dan berwawasan lingkungan serta bertanggung jawab. Demikian suatu informasi positip bagi dunia tambang khususnya tembaga, dan juga bagi seluruh pelaku pertambangan.

Sementara banyak yang menganggap bahwa tambang adalah perusak lingkungan dan tak bertanggung jawab. Mungkin ada satu contoh yang berlaku demikian. Hendaknya bersama sama memperbaiki apa yang sudah dan jangan terjadi lagi. Mari membangun melalui industri yang profesional dan bertanggung jawab serta transparan.

Mengapa harus demikian target nya?

Karena kalau dicerna lebih bijak , bahwa adanya mineral resources merupakan anugerah Yang Maha Kuasa. Tentu yang demikian berkait dengan wilayah dan lokasi keterdapatannya mineral resources tersebut.

Lantas mengapa sumber daya mineral yang ada diambil dan disisakan kerusakan lingkungan , dan apalagi tidak bertanggung jawab. Sudahkah berlaku baik, berlaku positip, dan bertanggung jawab serta transparan kepada daerah setempat atau lokal.

Ini menjadi suatu pertanyaan yang jawabannya ada pada diri sahabat , tuan tuan dan bapak bapak semua sebagai stakeholder, share owner dan pemangku dewan kepemilikan property tambang masing masing.

Yang pastinya dunia ini diciptakan Allah Aza wa Jalla untuk kepentingan umat ciptaanya dan mempunyai kwajiban menjaga ciptaan Allah juga. 

Yang baik datang dari Allah yang kurang itu saya sendiri, mohon maklum dan mohon maaf atas kekurangannya. 

Degodego Semakin banyak pengetahuan membuat bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel